Tanda Pengenal Plastik-Untuk Kesehatan dan Lingkungan Kita

Sunday, 6 July 2008

Author: matoa
30 JUN
MATOA siaran lagi. Materi siaran kali ini mengangkat isu tentang plastik. Coba kita perhatikan……..kehidupan kita sehari-hari, sudah dipenuhi berbagai jenis plastik dan berita tentang bahaya plastik sudah sering kita ketahui, apalagi tentang limbahnya yang sulit untuk di daur ulang. Bahkan dalam kehidupan kita saat ini sulit sekali menghindari plastik dari kegiatan kita.
Coba saja sebutkan plastik di sekitar kita :
Tas kresek (warna putih, hitam, merah, dll), toples tempat makanan, botol tempat minuman air dingin di dalam kulkas, botol susu, gantungan baju, TV, kulkas, pipa pralon, plastik laminating, gigi palsu, compact disk (CD), kutex (pembersih kuku)…bahkan pakaian atau pakaian dalam kita ada yang mengandung plastik loh.
Kalau memang plastik itu tidak baik untuk kesehatan, apakah ada aturan yang melindungi kita sebagai pemakai? Ternyata ada loch….dan itu sudah diatur dan ditetapkan secara internasional, sehingga di manapun di belahan dunia ini kode dan simbolnya sama. Sehingga kita sebagai orang yang sangat awam pun dapat mengetahuinya. Sayangnya belum banyak yang tahu tentang tanda-tanda tersebut, bahkan mungkin belum ada yang memberitahukannya.
Bagaimana Mengenali Kemasan Plastik dengan Baik?
Perlu kita ketahui bersama bahwa secara internasional telah diatur kode untuk kemasan plastik, yang mungkin bagi kita yang awam sangat perlu untuk diketahui, karena tanda tersebut berkaitan :
- Jenis bahan serta cara
- Dampak pemanfaatannya bagi manusia.
Kode ini dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry pada tahun 1988 di Amerika Serikat dan diadopsi pula oleh lembaga-lembaga yang mengembangkan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).
Secara umum tanda pengenal plastik tersebut :
- berada atau terletak di bagian dasar,
- berbentuk segi tiga,
- di dalam segitiga akan terdapat angka,
- serta nama jenis plastik di bawah segitiga,
Ada berapa jenis tanda pengenal plastik itu?

1 comments:

armouris said...

info tentang bahaya plastik kat sini - Dangers of Plastic