Tips Menerima Pembantu

Wednesday 23 July 2008

Tips Menerima Pembantu




Banyak banget aku baca di MP keluhan keluhan dari para ibu muda akan pembantu mereka yang nyebelin.. ini ada sedikit tips untuk meminimalis kemarahan dan berbagai kesulitan akibat pembantu yang nyebelin

1. Selalu menyimpan KTP asli milik sang pembantu.
selama pembantu tinggal di rumah kita toh mereka tidak memerlukan KTP. jika perlu mereka bisa meminta pada kita. KTP mereka kita pegang berguna jika ada apa apa seperti pencurian dll lalu mereka kabur.. laporan pada polisi lebih jelas.

2. Selalu memfoto pembantu begitu mereka mulai kerja di rumah
berguna untuk disebarkan jika mereka kabur dengan membawa barang barang.. bisa masuk DPO kelak... Daftar pencarian orang :P

3. Selalu memberikan daftar pekerjaan mereka.
agar mereka tau pekerjaan yang harus dilakukan sehari hari, tau apa yang boleh dan yang tidak boleh dan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan teratur..

4. Memberikan penilaian akan pekerjaan yang berpengaruh pada gaji.
jika mereka bekerja dengan baik, gak ada salahnya memberikan bonus bulanan.. dan jangan ragu mengurangi gaji mereka jika berbuat kesalahan yang tidak bisa dimaafkan.

5. Pilihlah pembantu berdasarkan feeling
kecocokan dengan pembantu akan berpengaruh pada suasana dirumah.
oleh karena itu jika tidak merasa sreg dengan pembantu yang ada jangan ragu untuk memberhentikannya. Lebih cepat lebih baik dari pada numpuk dan numpuk lalu meledak.

6. Jika bisa, pilihlah pembantu yang mempunyai Referensi.
misalnya adiknya pembantu teman, sodaranya pembantu kakak.. dan sebagainya..

7. Jangan terlalu percaya agen penyalur pembantu. .
gimanapun agen pembantu adalah biro jasa atau perusahaan yang mencari untung. mereka tidak mungkin mengenali karakter seluruh orang-orang/ pembantu yang disalurkannya. .. lebih baik mencari lewat referensi..

8. Waspada.
Perhatikan barang barang kecil anda jika mempunyai pembantu baru.. terkadang pencurian terjadi karena ada kesempatan. Jika anda jahil, lakukan test terhadap pembantu anda.. misalnya dengan meletakkan uang di meja dan lihat apakah uang itu hilang atau dengan test sejenisnya..

9. Jangan Takut Memecat Pembantu
jangan merasa tak enak atau kasihan.. jika pembantu melakukan hal yang tidak anda sukai dan hal hal keterlaluan lainnya, dan anda tak bisa menerima perbuatan itu, dari pada nanti menjadi masalah pulangkan saja pembantu itu.

10. Jangan Melakukan Kekerasan Fisik
pembantu jaman sekarang pintar.. mereka bisa menuntut kita jika kita melakukan kekerasan fisik seperti memukul dan sejenisnya.. kalau marah dan kesal padanya bicarakan dengannya.. (bisa dengan nada kencang jika perlu). jika bicaranya tidak nyambung ( maklum levelnya beda ) siap siap mengganti pembantu baru..:P


mencari pembantu yang ok memang sulit... jadi kalau udah nemu yang ok jangan pelit pelit dengan gaji mereka :P

0 comments: