Wednesday 23 July 2008

Erabaru News – Rabu 23 Juli 2008 www.erabaru. or.id



--------------------------------------------------------------------------------
Pernikahan yang Bahagia Dapat Membantu Perpanjang Usia


(Erabaru.or. id) — Kesempatan apa yang dapat diperoleh di usia 85 tahun dan setelahnya? Dr. Bradley J. Wilcox adalah ketua penulis laporan tentang studi kelangsungan hidup yang dilakukan oleh Pacific Health Research Institute di Hawaii. Ini adalah salah satu studi yang terlama mengenai proses penuaan, dan diikuti 5.820 pria sehat Jepang — Amerika selama 40 tahun.

Saat studi ini dimulai, umur rata-rata mereka adalah 45 tahun, dan mereka semua sehat. Apa yang terjadi pada mereka tergantung pada 9 faktor kunci. Anda dapat menghitung sisa hidup Anda dengan aritmatik sederhana ini.

Satu. Seberapa kuat cengkeraman Anda, yang dapat diukur dengan seberapa kuat Anda dapat menggenggam sebuah benda? Maka pada suatu saat di kemudian hari Anda meremas sebuah jeruk, perkirakan kekuatan Anda. Jika cengkeraman Anda kuat, ini adalah pertanda bagus. Secara fisik Anda sehat dan kuat untuk jangka panjang.

Dua. Hindari obesitas (kegemukan). Kini masalah ini seharusnya tidak ada dalam pemikiran orang-orang. Saya sudah menulis selama bertahun-tahun bahwa kelebihan berat badan adalah penyebab kematian nomor satu. Semua orang sudah mengetahui bahwa obesitas mengarah pada diabetes, serangan jantung, hipertensi, komplikasi pada penanganan pembedahan dan mengantarkan kepada masalah kemunduran kesehatan yang lain.

Tiga. Tekanan darah yang normal adalah indikator yang baik jika ingin memiliki umur panjang. Atau seperti Sir William Osler, salah satu pakar kedokteran terkenal di dunia, menyatakan, “Adalah sesuatu yang terbaik mempunyai karet yang bagus.” Dengan kata lain, arteri lembut yang lentur sepertinya mengurangi penyebab hipertensi dari pada yang keras dan kaku.

Terlalu besar tekanan dalam kelelahan memicu sebuah ledakan. Kelebihan tekanan dalam arteri meningkatkan resiko stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal. Untuk menjaga tekanan darah, pastikan untuk melakukan uji kesehatan secara teratur.

Empat. Hindari hyperglycemia yang terlalu tinggi, yang berarti kandungan gula darah dalam jumlah yang berlebihan. Gula darah kita meningkat sesaat setelah makan. Tetapi terlalu banyak makanan berkalori akan mengakibatkan obesitas dan semua itu sangat sering mengakibatkan diabetes.

Saat ini, sebanyak separuh dari penderita diabetes meninggal karena serangan jantung. Sedang sisanya meninggal akibat gagal ginjal, kebutaan, atau kehilangan sebuah kaki. Belilah timbangan dan berjalan kaki setiap hari. Ini tragedi kesehatan yang paling umum bahwa setiap 45 detik kasus baru diabetes di diagnosa di Amerika Utara.

Lima. Jangan merokok. Yang lain tidak ada pemikiran yang pantas dikatakan, jika ini bukan kenyataan bahwa begitu banyak orang masih merokok. Tentunya kita semua tahu bahwa kecanduan merokok terkait dengan kanker paru dan penyakit paru kronis. Bertahun-tahun yang lalu, sebuah studi terkenal yang dilakukan di Oxford menunjukkan bahwa mereka yang mulai merokok ketika muda usia mengurangi umur mereka hingga 20 tahun. Menghadapi pengurangan umur yang sedemikian, siapapun yang merokok hari ini perlu menemui seorang psikiater.

Enam. Terlalu banyak minuman beralkohol mengakibatkan banyak masalah kematian yang tak diperlukan, kecelakaan di jalan bebas hambatan, sirosis, dan beberapa kanker.

Tujuh. Berbagi pengalaman dengan teman dapat memperpanjang usia. Dalam studi tidak mengatakan hal ini, tetapi saya menyimpulkan hal ini berarti sebuah pertemanan yang menyenangkan. Socrates menasehati, ”Seorang istri yang baik, membuat Anda bahagia, dan istri yang tidak baik menjadikan Anda seorang ahli filsafat." Atau seperti apa yang dikatakan Groucho Marx, ”Saya dinikahkan oleh seorang hakim. Saya seharusnya minta seorang pengacara.”

Delapan. Kadar trigliserida yang normal, salah satu lemak darah, bantu mengawali cara untuk memperpanjang usia. Uji darah akan memastikannya untuk Anda.

Sembilan. Relawan dalam studi ini yang mempunyai tingkat pendidikan lebih tinggi hidup lebih panjang. Ini adalah poin lain yang tidak seharusnya membuat heran orang-orang. Penalaran yang baik mengajarkan bahwa mereka yang lebih terpelajar, lebih mengikuti gaya hidup yang sehat.

Apa kesimpulan akhir dari studi ini? Relawan yang melewati semua sembilan faktor mempunyai 69 % kesempatan hidup mencapai usia 85 tahun. Tetapi mereka yang tidak lulus lebih dari 6 faktor atau lebih, hanya mempunyai 22 % kesempatan mencapai usia ini. Lalu bagaimana Anda menilai diri sendiri? (tnm/epochtimes)

--------------------------------------------------------------------------------
Sebelum Aset/Barang Berharga Anda hilang, Amankan Kantor/Rumah Anda dengan Door Access Control & CCTV: Klik http://www.berkatam a.com/index2. html

--------------------------------------------------------------------------------
Pesawat NASA Temukan Es di Mars



(Erabaru.or. id) — Menurut ilmuwan kenamaan NASA, Mars Phoenix Lander telah menemukan es di atas permukaan Planet Merah. Penemuan ini adalah sebuah ’kunci’ dari pencarian terhadap air dan tanda-tanda kehidupan pada planet tetangga yang terdekat dengan bumi.

Bukti ini didapat dari serangkaian foto yang dikirimkan kembali oleh Phoenix mengenai sebuah parit yang digali dengan tangan robotnya, di daerah lingkaran Arctic Mars ini memperlihatkan gumpalan materi putih seukuran dadu yang meleleh secara perlahan setelah beberapa hari.

“Hari ini saya mengumumkan dengan bangga dan suka cita, bahwa kami telah me-nemukan bukti yang telah kami cari selama ini, bahwa ini adalah es dan bukan materi lainnya,” kata kepala peneliti proyek Peter Smith, dari University of Arizona, dalam sebuah jumpa pers.

Eksistensi air di atas permukaan planet Mars sangat penting karena ini adalah sebuah jawaban atas pertanyaan tentang adanya kehidupan atau tidak, bahkan dalam wujud mikroba purba sekalipun. Di bumi, air adalah sebuah unsur yang diperlukan kehidupan.

Ilmuwan pertama kali menemukan apa yang mereka percayai sebagai sebuah lembaran es raksasa di bawah permukaan tandus dari Kutub Utara Martian pada tahun 2002, ketika Mars Odyssey Orbiter mendeteksi melalui sebuah analisa hidrogen ketika sedang mengorbit planet tersebut.

Phoenix mendarat pada 25 Mei dan menemukan gumpalan putih tersebut ketika dia menggali sebuah parit sedalam beberapa inci dari permukaan tanah. Pada awalnya NASA sempat ragu untuk menyebut gumpalan putih tadi sebagai es, karena ada kemungkinan materi tersebut adalah garam.

‘Tanpa Argumen’

Tetapi urutan gambar foto tadi menunjukkan bahwa sekitar delapan gumpalan seukuran dadu tersebut perlahan-lahan lenyap, hal ini telah meyakinkan tim ilmuwan yang menelitinya, dan pada hari Kamis pukul 19:00 waktu Greenwich mereka memutuskan bahwa materi tersebut adalah air yang menjadi es.

“Foto ini sungguh meyakinkan,” kata Smith ketika melihat gambar-gambar itu untuk pertama kalinya. “Tidak ada argumen yang perlu dibuat lagi dan kami semua bertepuk tangan!”

Walaupun para ilmuwan menyatakan bahwa mereka sangat antusias dengan penemuan ini, akan tetapi yang menjadi langkah pertama dalam misi utama Phoenix adalah untuk memastikan bahwa air pernah mengalir di Mars dan jika terdapat kehidupan di planet tersebut entah dalam wujud apapun.

“Sekarang kami yakin bahwa kami ada di atas sebuah permukaan es dan dapat benar-benar menemukan tujuan dari misi penelitian ini.” kata Smith. “Saya hanya duduk di kursi, sungguh, menunggu untuk melihat laporan dari alat-alat kami.”

Beberapa minggu lagi tim ilmuwan akan menganalisa es dan tanah tersebut untuk meneliti sejarah geologi dan mencari materi organik.

“Fakta bahwa di sana ada es bukanlah suatu jaminan bahwa tempat tersebut bisa dihuni,” kata Smith. “Es tersebut mungkin selalu dalam kondisi membeku dan apabila dalam kondisi membeku seperti itu ditambah lagi dengan tidak adanya makanan maka tempat itu bukanlah sebuah tempat yang layak untuk dihuni.”

“Ini benar-benar sebuah sejarah modern dari lapisan di mana kami datang untuk mengungkapkannya.”

Pesawat senilai US$420 juta telah menghabiskan waktu selama 10 bulan untuk menempuh perjalanan dari Bumi menuju Mars dan telah menganalisa contoh tanah yang diambil dari permukaan tanah dan meletakkannya dalam laboratorium pesawat. (rtr/san)

--------------------------------------------------------------------------------
IKUTI 9 KOMPETISI SENI BUDAYA TIONGHOA BERHADIAH RIBUAN DOLLAR (NTDTV 2008 GLOBAL COMPETITION SERIES) : http://competitions .ntdtv.com
(Perlombaan Tingkat Dunia untuk Kategori: Vokal, Piano, Wushu, Violin, Desain busana etnis Han, Tari, Lukisan, Memasak kuliner Tiongkok (masakan Sichuan, Canton, Shandong, Timur Laut Tiongkok dan Huaiyang), serta lomba Fotografi.

--------------------------------------------------------------------------------
Bentrok antara Polisi dan Pekerja di Guandong

(Erabaru.or. id) — Pada tanggal 17 Juli pukul 4 pagi, polisi di Boluo Yuanzhou (Yuanzhou) Township, kota Huizhou, Provinsi Guandong memukul mati seorang pengendara sepeda motor karena gagal merespon polisi tepat waktu. Bentrokan kemudian terjadi antara polisi dan lebih dari seribu pekerja.

Penguasa China secara cepat berusaha untuk menutup-nutupi fakta sebenarnya dari kejadian tersebut. Semua berita dihapus dari internet, dengan demikian tidak ada laporan media yang dapat ditemukan. Telefon ke Kantor Kota Yuanzhou juga tidak diangkat. Wartawan di SecretChina mewawancarai penduduk desa Yuanzhou pada tanggal 18 Juli, yang menjadi saksi kejadian tersebut termasuk diantaranya argument yang terjadi antara dua polisi dan seorang korban.

Korban Tewas akibat Kebrutalan Polisi

Liu, seorang pekerja konstruksi, menyaksikan kejadian tersebut. Dia menyatakan,”Pada saat saya sedang dalam perjalanan ke tempat konstruksi pada pukul 4 pagi, saya melihat mereka mulai berargumen. Polisi menduga sepeda motor tersebut adalah hasil curian, tetapi pengendara sepeda motor tersebut kabur. Polisi kemudian mengejarnya. Setelah berhasil mendekat, dia kemudian menghentikan kendaraannya dan memukul dua polisi tersebut. Saya melihat mereka berkelahi. Demikianlah. Saya tidak tahu apa yang harus saya kerjakan, dan pergi dari sana.”

Siang harinya, Liu mengetahui kalau pengendara sepeda motor tersebut dipukul hingga meninggal, tetapi tidak mendengar ada korban dari pihak polisi. Dia melanjutkan, “Ada sekitar 1000 pekerja yang kebanyakan berasal dari Provinsi Hunan, beberapa dari mereka bekerja di toko tempat cukur dan beberapa adalah penarik kereta. Mereka mendekati polisi dengan pemotong kertas, pisau dan saya mendengar beberapa dari mereka membawa senjata api. Kedua polisi tersebut mengalami luka-luka.”

Pemerintah Mengirimkan Tentara untuk Mengambil Tindakan Keras terhadap Penduduk

Menurut seorang penduduk desa, kekerasan tersebut berlangsung hingga pukul dua siang. Banyak kendaraan polisi yang rusak. Seorang penduduk mengatakan, “Mobil pemerintah yang bernilai jutaan dirusak. Tentara dikirim dari Huizhou, terdiri dari beberapa ratusan tentara dan banyak kendaraan. Beberapa pekerja mengalami luka-luka. Ratusan ditangkap dan kerumunan massa dibubarkan.”

Kejadian seperti ini menimbulkan banyak opini. Liu berkata,”Beberapa mengatakan bahwa membunuh orang adalah salah. Tetapi jika korban tidak mati, tentu dia akan dinyatakan bersalah. Apakah memang perlu membunuhnya?”

http://en.epochtime s.com/n2/ china/violence- guandong- 1429.html

--------------------------------------------------------------------------------
Artikel yang Dikirim ke Langit

(Erabaru.or. id) - Sudah lama sekali saya melupakan Kak Lina….
Saya mengenal Kak Lina kira-kira pada enam tahun yang lalu, di dalam sebuah kegiatan kami saling mengenal. Ketika itu kami tinggal satu kamar, saya tidak tahu berapa tepatnya usia Kak Lina, akan tetapi saya kira seharusnya dia 10 tahun lebih tua dari saya.
Saat itu saya suka sekali menyendiri dan aneh. Tidak percaya diri, juga tak begitu peduli kepada orang lain. Berlawanan dengan sifat Kak Lina, dia adalah wanita yang memiliki wajah tawa seperti Bodhisattva, saya selalu merasa, diri saya ini tidak bisa dibandingkan dengannya.

Sering kali saya berpikir untuk berusaha menjaga jarak. Akan tetapi Kak Lina selalu bersikap baik terhadapku. Boleh dikatakan dia selalu tak lupa menyertakan senyumannya yang cerah berseri bagai sinar matahari dalam menghadapi semua orang.

Dalam menghadapi diriku yang terlalu banyak berandai-andai, Kak Lina masih bisa memberikan nasehat beberapa kata kepadaku.

Saya sungguh sangat berterima kasih kepadanya. Meskipun berkumpul hanya dalam beberapa hari saja, namun boleh dikatakan, ucapan Kak Lina bagaikan seberkas sinar yang masuk ke dalam kamar kecilku yang gelap. Membuatku merasakan bahwa ternyata dunia ini masih ada kehangatan, ternyata masih ada orang dengan senyuman yang begitu menawan menyapaku.

Saat itu, saya merasa baru saja mendapat pertolongan dari Langit, keluar dari keterpurukan berkepanjangan. Menghadapi masa depan yang kabur dan suram, saya sungguh tak bisa berbuat apa-apa.

Saya berkata kepada Kak Lina bahwa saya ingin menggeluti bidang seni lukis. Akan tetapi pengaturan dari nasib membuat saya mengira bahwa semua ini tidak mungkin terjadi. Oleh karena itu saya ingin melupakanya.

Kak Lina bersama dua orang teman sekamar berkata kepadaku, “Jangan tinggalkan, kami melihat engkau adalah orang yang berbakat dalam bidang seni lukis.”

Ketika itu saya sungguh tercengang. Terhadap diri sendiri saja, saya sudah tak memiliki kepercayaan diri. Sehingga saya tak dapat mempercayai perkataan mereka. Walau begitu saya merasa berterima kasih kepada mereka, karena di dalam dunia ini, untuk kali pertama ada orang yang mau memberikan dukungan kepadaku.

Hingga beberapa tahun kemudian, ketika saya benar-benar telah menjadi seorang redaktur lukisan, menengok kembali ke masa silam, baru memahami perkataan mereka tidaklah salah.

Saya mendadak merasakan perkataan Kak Lina seperti peramal zaman kuno yang meramalkan kejadian-kejadian yang akan terjadi, dengan tepat meramalkan keadaanku pada beberapa tahun kemudian.

Beberapa tahun setelah pertemuan itu, terkadang tanpa sengaja saya bertemu Kak Lina. Akan tetapi oleh karena sifat saya ini yang sangat senang menyendiri dan aneh, juga tidak memiliki kepercayaan diri, selalu menunggu Kak Lina menemukan dan menyapaku terlebih dahulu. Baru kemudian akan bicara dengannya.

Pernah suatu kali, ketika tahun itu keadaanku sangat terpuruk, tanpa sengaja berjumpa Kak Lina. Dia menyapaku, namun saya sama sekali tak menghiraukannya. Kak Lina menghampiri dan mengucapkan banyak sekali perkataan, akhirnya dia berkata, “Maafkan, saya telah salah mengenal orang. Saya kira Anda adalah ………”

Kak Lina sebenarnya Anda tidak salah orang, sebab sayalah yang tidak mau mengenali Anda. Saya selalu merasakan bahwa Anda bagaikan malaikat, dan saya tidak ingin malaikat dibebani oleh begitu banyak kesengsaraan ini.

Kemudian kehidupanku mulai berangsur-angsur stabil. Sejak bertemu dengan suami, tabiatku berangsur-angsur menjadi agak berlapang dada. Ketika itu, Kak Lina sudah mulai sakit-sakitan.

Sewaktu mempersiapkan pernikahan, saya menjadi sangat sibuk sekali. Suatu ketika saya menulis email menanyakan kepadanya, apakah bisa datang ke pesta pernikahan nanti.

Dia membalas bahwa dia akan datang, pasti akan datang. Akan tetapi karena kecerobohanku, saat mengirimkan undangan ada beberapa orang yang terlupakan. Diantaranya undangan untuk Kak Lina.

Setelah menikah, masalah yang menyusul datang adalah nenek saya terkena stroke dan harus membantu usaha suami. Setiap kali teringat untuk pergi menjenguk Kak Lina. Akan tetapi saya belum pernah pergi mencarinya. Selalu saja memutuskan menunggu beberapa hari lagi baru pergi menjumpai dirinya.

Setelah lewat beberapa bulan, terdengar berita tentang dirinya bahwa Kak Lina telah meninggal dunia.

Saya sungguh tak mengingatnya. Disaat menata arsip outbox di email, saya menemukan banyak surat yang dulu pernah saya kirimkan. Sekilas melihat namanya, hati saya seperti tertekan oleh sesuatu. Ingin bicara tapi tak dapat diutarakan. Mengetahui ucapanku hanyalah melayang-layang di udara hampa, air mata mulai menetes tiada henti.

Suami menghiburku, “Jangan bersedih. Orang baik seperti Kak Lina, setelah meninggal nanti pasti dapat ke tempat yang sangat indah.”

Saya berkata kepada suamiku, bahwa saya juga sudah tahu akan hal itu. Saya hanya sangat menyesal tidak sempat mengucapkan selamat tinggal kepadanya, walaupun saya juga tahu bahwa dia pasti tidak akan menyalahkan diriku. Pasti akan berkata agar saya bisa membereskan segala pekerjaan saya dulu.

Sepeninggal Kak Lina, membuat saya lebih memahami bahwa sebagai manusia harus bisa benar-benar menyayangi setiap orang yang berada di sampingnya.

Kemakmuran itu bagaikan mimpi, nama dan keuntungan yang pernah kita kejar mengapa hanya selalu berakhir dengan kehampaan belaka. Begitu jodoh pertemuan ini habis, kapan lagi kita bisa berjumpa kembali?

Harus benar-benar menyayangi manusia, dengan begitu jika kita mengingat kembali di kemudian hari, tidak akan menyisakan penyesalan apapun. Saya yakin jiwa ini kekal abadi, juga yakin bahwa dia di ruang dimensi lain, pasti bisa mendengarkan kata-kataku ini.

Artikel ini saya kirim untuk Kak Lina nan jauh di atas langit. Terimakasih atas segala kebaikan Kak Lina kepadaku. Sepatah kata “Selamat Tinggal” tak akan pernah bisa diucapkan. Meskipun Kak Lina sama sekali tak akan pernah menuntutnya.

(anonim/The Epoch Times/lin)

--------------------------------------------------------------------------------
Jumlah rakyat China yang telah mengundurkan diri dari Partai Komunis China (PKC) sampai hari ini berjumlah : 40,422,594 orang.
Baca Buku “9 Komentar Mengenai Partai Komunis” : http://www.erabaru. or.id/ k_01_art_85. htm : buku fenomenal yang membuat orang-orang China mundur dari PKC karena mengungkap watak asli dan sejarah partai komunis China.

--------------------------------------------------------------------------------
Erabaru (The Epoch Times / Dajiyuan) adalah media berbasis website dan koran bahasa mandarin yang terbit di Hongkong, Singapore, Rusia, Taiwan, Jepang, Korea, Israel, Kanada, Eropa, Rusia, Australia, Amerika, Selandia Baru dan Indonesia dan juga terbit dalam bahasa-bahasa di negara tersebut. Untuk mengetahui informasi menarik lainnya seputar peristiwa, kesehatan, tips, cerita budi pekerti, alam semesta, manusia dan kehidupan, penemuan iptek, budaya, legenda, biografi, ramalan dunia, dan penemuan prasejarah kunjungi :
Website Bhs. Indonesia: www.erabaru. or.id -- Website Bhs.Mandarin : www.dajiyuan. com -- Website Bhs.Inggris : www.theepochtimes. com

0 comments: